GOOGLE APPS

Posted on Updated on

GOOGLE APPS part 1

(Google+, Gmail,)

Senin, 10 Oktober 2016

google-apps-1024x575

Apasih Google Apps itu??

Google Application (Google Apps) adalah sekumpulan aplikasi berbasis web atau cloud computing yang disediakan oleh Google untuk pengguna akun Google. Aplikasi ini hadir dalam beberapa versi, baik versi gratis, berbayar (business) maupun untuk edukasi. Untuk versi gratis, ada yang disertakan untuk setiap akun google dan ada yang hanya tersedia untuk kelompok/group akun dengan tipe business atau education. Google Apps sendiri adalah seperangkat aplikasi powerfull yang dikemas menjadi satu untuk memenuhi kebutuhan bisnis, pendidikan, pemerintahan, dan berbagai organisasi lainnya. Beberapa aplikasi inti dari Google Apps antara lain :

  1. Google+
  2. Gmail
  3. Google Drive
  4. Google Docs
  5. Calendar
  6. Google Classroom
  7. Youtube
  8. Google Crome

Dari beberapa aplikasi yang disediakan oleh google apps, hanya delapan aplikasi yang akan dibahas dalam mata kuliah Sistem Informasi Manajemen ini. Berikut adalah ulasan singkat dari penyampaian materi yang disajikan oleh penyaji.

  1. Pada pembahasan Google Apps ini, pemateri pertama disampaikan oleh Siti Nur Hasanah, yaitu tentang “GOOGLE+”

Google+ merupakan social media yang disediakan oleh google. Dengan adanya google+ maka pengguna dapat saling berkomunikasi melalui social media dan dapat melakukan instan messaging maupun video call secara gratis dengan syarat terkoneksi dengan internet. Penyampaian materi tentang google+ adalah pemanfaatan fitur “Hangouts”. Google Hangouts merupakan salah satu aplikasi atau fitur yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan smartphone Android. Selain terdapat pada aplikasi kita juga bisa menggunakan Google Hangouts ketika kita membuka Google Plus melalui website dengan https://plus.google.com. Google Hangouts merupakan layanan messeging yang memiliki banyak fungsi yaitu bisa untuk Google Talk, Google Plus Messeging dan juga Google Plus Video Call (video chat). Dulunya sebelum Google Hangouts dibuat tiga fitur aplikasi ini terpisah dan hanya bisa diakses melalui website Google Plus dan email Google. Namun karena perkembangan instant messeging membuat Google ikut serta dalam meramaikan daftar instant messeging didunia. Hangouts memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk melakukan obrolan video, berkomunikasi, dan berbagi dengan mudah, mulai untuk rapat hingga untuk nonton bareng. Di dalam aplikasi Hangouts tersedia banyak fitur yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti; video call atau chattingan. Dan aplikasi ini juga sudah tersedia pada beberapa smartphone.

hgt

Jika ingin menggunakan hangouts, terlebih dahulu user harus memiliki akun daari google dahulu. Jika belum bisa creat account untuk mulai menjalankannya.

Adapun kelebihan hangouts antaralain:

  • Memiliki tampilan yang user interface.
  • Mudah digunakan.
  • Bisa chat sambil video call.
  • Tidak perlu mendaftar cukup menggunakan akun Google saja sehingga tidak perlu registrasi berulang-ulang.
  • Bisa digunakan untuk SMS-an.

Kekurangan hangouts adalah:

  • Memiliki tampilan yang mirip dengan aplikasi messenger lain.
  • Memiliki jumlah pengguna yang masih sedikit.
  • Aplikasi ini tidak terlalu populer dan kurang terkenal.
  • Aplikasi ini terlalu berat untuk smartphone yang RAM-nya kecil karena ukurannya kecil.
  • Jumlah penggunanya masih sedikit.
  • Tidak memiliki banyak fitur seperti aplikasi messenger lainnya.

 

2. Pemateri kedua , disampaiak oleh teman saya Nining mengenai GMAIL”

Gmail ya apa itu gmail? Gmail adalah sebuah sarana untuk berkirim surat layaknya kita kirim surat atau pesan kepada teman/rekan kerja atau yang lainnya, yang terpisah oleh jarak yang jauh dan waktu yang lama. Gmail sendiri merupakan surat elektronik yang sudah familier dikalangan umum tidak seperti zaman dulu yang menggunakan hanya orang-orang tertentu saja. Namun kini siapa saja bisa menggunakan gmail ini untuk berbagai keperluan baik untuk mengirim atau menerima surat secara resmi maupun tidak resmi.

Gmail sebenarnya bukan hanya untuk mengirim dan menerima surat saja namun banyak sekali manfaatnya. yaitu selain berkirim surat tadi juga bisa digunakan sebagai akun untuk kita bisa memasuki situs orang atau perusahaan yang memang harus memiliki hak akses menggunakan gmail. Gmail sendiri selain berguna yang disebutkan diatas tadi juga bisa digunakan untuk berbagai jenis jejaringan sosial media lainnya.

Jika anda sering menggunakan email untuk keperluan sehari-hari seperti saya, anda pasti sudah pernah melihat kolom To, Cc dan Bcc pada email anda walaupun tidak semuanya tau apa kegunaan dan perbedaan antara mereka. Awalnya saya juga tidak tau, saya lebih sering menggunakan kolom ‘To’ dan ‘Cc’, tetapi karena keseseringan saya menggunakan email akhirnya saya menemukan kondisi dimana saya memerlukan dan dapat mengetahui kegunaan fasilitas ‘Bcc’ pada email.

To: Di kolom ini anda mengisi alamat tujuan utama anda.

Cc: Singkatan dari carbon copy, di kolom ini anda dapat mengisi alamat-alamat email yang akan anda kirim, dan isi email yang dikirim berupa copyan dari email yang anda tujukan di kolom To. Jangan lupa jika alamat email yang anda tulis lebih dari satu maka pisahkan dengan tanda koma setelah itu spasi dan ketik alamat selanjutnya (contoh: tujuankesatu@yahoo.com, tujuankedua@gmail.com, tujuanketiga@hotmail.com). Alamat-alamat yang anda tulis di kolom Cc akan muncul di setiap email yang anda kirim, jadi setiap penerima email bisa membaca dan mengetahui siapa saja yang anda kirimkan email tersebut.

Bcc: Singkatan dari blind carbon copy, di kolom ini anda dapat mengisi alamat-alamat yang akan anda kirim, hampir sama seperti Cc cuman jika melalui Bcc maka kolom To kita tidak perlu isi alias bisa dikosongkan dan semua alamat yang diisi di kolom Bcc tidak akan dipublikasikan alias di ‘hidden’ maka setiap penerima email anda tidak akan tau siapa saja yang anda kirim email tersebut. Jangan lupa jika alamat email yang anda tulis lebih dari satu maka pisahkan dengan tanda koma setelah itu spasi dan ketik alamat selanjutnya (contoh: tujuankesatu@yahoo.com, tujuankedua@gmail.com, tujuanketiga@hotmail.com).

…continue…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s