Bagan Penggunaan E-Learning

Posted on Updated on

Penggunaan E-Learning sebagai Cyber Teaching

Senin, 26 September 2016

bagan analisis penggunaan e-learning dalam sistem pembelajaran
bagan analisis penggunaan e-learning dalam sistem pembelajaran

Kemajuan di bidang teknologi adalah salah satu pengaruh dari adanya perkembangan globalisasi. Hal ini memberikan dampak positif terhadap kemajuan di bidang pendidikan. Saat ini teknologi menjadi suatu kebutuhan vital yang akan membantu proses perkembangan di bidang pendidikan. Guru adalah salah satu agen yang dituntut untuk mampu menguasai dan memerapkan perkembangan IPTEK dalam proses pembelajaran.  Saat ini guru dituntut untuk tidak gaptek atau gagap teknologi.

Kemajuan IPTEK membuat banyak perubahan dalam proses pembelajaran yang mengarah ke arah kemajuan positif. Dengan adanya perkembangan IPTEK, pembelajaran dapat dilakukan secara online melalui  berbagai sistem yang dapat diaplikasikan terhadap proses pembelajaran. Guru tidak harus bertatap muka dengan siswanya untuk memberikan layanan dalam pembelajaran, melainkan dengan menggunakan rancangan sistem baru yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Cyber teaching saat ini menjadi pilihan tepat bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran online melalui jaringan internet. E-Learning merupakan suatu model pembelajaran teknologi yang menggunakan media teknologi dan komunikasi khususnya internet. Program ini memiliki banyak kelebihan, sehingga banyak lembaga pendidikan mengembangkan sistem pembelajaran e-learning.

E-learning adalah sebuah jaringan yang memiliki jangkauan luas dan memiliki kemampuan untuk menyimpan, mendistribusikan, mempengaruhi, dan membagi materi bahan ajar atau informasi kepada siswa. Penggunaan e-learning dirasa cocok dan sesuai untuk diterapkan karena dalam sistem ini guru dapat melakukan berbagai aktifitas, mulai dari berdiskusi dengan siswa, mengunggah tugas, memberikan kuis, melihat peserta kelas dan memberikan nilai kepada siswa. Dan siswa pun dapat melakukan hal yang sama dengan memposisikan diri sebagai siswa.

Untuk menjalankan sistem ini harus diawali dengan log-In untuk user. Disini ada seorang administrator yang bertugas men-setting wesite dan mengolah data guru maupun siswa yang akan di-input kedalam sistem. Sehingga guru dan siswa dapat langsung menggunakan sistem ini dengan log-in menggunakan password masing-masing. Karena setiap guru dan siswa memiliki password sendiri-sendiri, sehingga tingkat kerahasiaan data masing-masing individu dapat terjamin keamanannya.

–resum perkuliahan mata kuliah Sistem Informasi Manajemen, Program Studi Pendidikan Ekonomi–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s