GOOGLE APPS

Posted on Updated on

GOOOGLE APPS part 3

(Google Classroom, youtube dan google crome)

Senin, 24 Oktober 2016

  1. GOOGLE CLASSROOM

Pemateri pertama untuk kelas hari ini adalah teman saya sekaligus ketua HMP PE LIBRA, yaitu Nasrul yang akan mengulas mengenai Google Classroom.

Berikut kurang lebih pemaparan materi dari Nasrul:

Ada yang tau apa itu Google Classroom?

Baiklah, Google Classroom adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. Lebih detailnya, Google Classroom bisa menjadi sarana untuk mendistribusikakan tugas, men-submit tugas bahkan untuk menilai tugas-tugas yang dikumpulkan. Sebagai seorang guru, dalam pendistribusian soal tidak perlu khawatir akan adanya penyalahgunaan yang dilakukan oleh siswa. Google Classroom memberikan hak kepada guru untuk mengakses dan mengatur mengatur tugas-tugas yang dipublish, sehingga yang bisa dilakukan oleh siswa adalah hanya pada kegiatan melihat, mengedit sampai mengkolaborasikan. Guru disini bisa juga membantu perkembangan belajar para siswanya.

Selain itu, Google Classroom juga menyediakan fitur forum diskusi, sehingga para guru bisa memberikan tanggapan di dalam forum itu. Kemunculan Google Classroom ini, akan membuat roses belajar jadi mudah dan cepat. Guru dan siswa tidak lagi membutuhkan kertas dalam sebuah pembelajaran. Dan bukan tidak mungkin jika nanti adanya Google Classroom ini bisa menjadi pilihan kelas mada depan.

            Oleh karena itu, Google Classroom juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain sebagai berikut:

  1. Penyiapan mudah
    Pengajar dapat menambahkan siswa secara langsung atau berbagi kode dengan kelasnya untuk bergabung. Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkannya.
  2. Hemat waktu
    Alur kerja tugas yang mudah dan tanpa kertas memungkinkan pengajar membuat, memeriksa, dan menilai tugas dengan cepat, semuanya di satu tempat.
  3. Meningkatkan keteraturan
    Siswa dapat melihat semua tugasnya di laman tugas dan semua materi kelas disimpan secara otomatis ke dalam folder di Google Drive.
  4. Meningkatkan komunikasi
    Kelas memungkinkan pengajar untuk mengirim pengumuman dan memulai diskusi langsung. Siswa dapat saling berbagi sumber daya atau menjawab pertanyaan di aliran.
  5. Terjangkau dan aman

Kelas dalam Google Classroom ini dirancang untuk membantu guru membuat dan mengumpulkan tugas tanpa membutuhkan media kertas, selain itu, fitur ini juga dapat menghemat waktu. Google classroom ini berkaitan dengan penggunaan Google Drive dan Google Docs. Setiap tugas yang dikumpulkan siswa akan secara otomatis tersimpan secara rapi di Google Drive.  Selain itu, dalam aplikasi ini, siswa dapat mengecek apakah tugas tersebut sudah mendekati batas waktu pengumpulan tugas. Dan guru dapat melihat siapa saja yang belum mengumpulkan dan menyelesaikan tugas, sehingga guru bias memberi masukan dan memberi nilai langsung di kelas.

Nah itu dia kurang lebih pemaparan materi dari Ketum HMP kita Nasrul. 🙂

  1. YOUTUBE

Nah guys, materi kedua ini akan disampaikan oleh teman saya si Ganteng dari Jember asli namanya Feri. Disini materi yang akan disanmpaikan oleh feri  adalah tentang Youtube. Disini guys, yang diulas oleh Feri adalah tentang “tips menghilangkan iklan yang ada di youtube”

Kalian pasti sebel kan,  kalau tau-tau ada iklan nongol pas lagi asyik-asyiknya nonton film atau lihat video-video jenaka ?

Normalnya sih sebel guys, tapi gak tau juga sih hehehe…

Well…

Langsung aja, disini si ganteng Feri ini menggunakan aplikasi ABP. Pada tau gak? Kalau belum tau sini tak jelaskan dikit aja menurut pengetahuan Umi. Adblock Plus atau ABP  itu merupakan ekstensi penyaringan konten dan pemblokiran iklan sumber terbuka untuk penjelajah web atau situs tertentu yang ada di Youtube.

Oke guys, langkah awal yang harus kita lakukan agar bias menggunakan ABP ini adalah:

  1. Menginstal ABP ini dengan cara masuk ke laman web https://adblockplus.org –> Klik install.
  2. Setelah terinstall berikan check list pada kolomabp2
  3. Nah ini dia hasilnya… J, cukup simple kan…
    before,,,
    abp3

after,,,abp4

Nah guys, aplikasi ABP ini juga memiliki kelemahan yaitu, ABP ini dapat terdeteksi di situs-situs tertant. Jadi engak semua situs mempan diinstal sama ABP ini.

Oiya, gak hanya berbagi tips menghilangkan iklan aja guys, Si Ganteng Feri ini juga memberikan cara untuk melakukan shortkey pada Youtube dengan tombol-tombol yang ada pada Keyboard. Salah satunya adalah sebagia berikut:

  1. L–>untuk mempercepat video 10 detik
  2. J–>untuk memperlambat video 10 detik
  3. K–> untuk melakukan pause atau menghentikan video sejenak
  4. 0 (angka nol)–>untuk merestart video dari awal atau mengulangnya
  5. F–> untuk menampilkan video youtube dengan mode layar penuh

Tips terakhir dari Si Ganteng Feri ini guys, dia mengulas tentang bagaimana cara mendownload video-video yang ada di youtube. Ulasan singkatnya kaya gini nih :

  1. Mendownload video auto–> cukup menambahkan huruf “ss” pada link url sebelum kata youtube. Contoh: www.ss.youtube.com.
  2. Menggunakan “savefrom.net”. Ketikkan alamat “www.savefrom.net” pada alamat url, lalu pilih frmat video yang diinginkan.
  3. Mendownload video dengan format MP3 dari youtube
    pertama copy dulu alamat url link tersebut –> Masuk ke www.youtube-mp3.org kemudian paste alamat URL tersebut. Look at this !
    st1
  4. Setelah itu pilih opsi penyimpanan lalu klik OK.

Nah guys, itu dia ulasan singkat dari materi yang disampaikan oleh Si Ganteng Feri dari Jember.

3. GOOGLE CHROME

Nah materi Google Apps yang terakhir ini disampaikan sama temen saya yang hits banget namanya Ricky, dia ini hobi banget traveling sama makan. Ricky menjelaskan tentang penggunaan Remot kontrol jarak jauh yang disediakan sama Google Chrome, atau yang biasa kita kenal dengan istilah Remote Dekstop.

Nah berikut ulasan singkat yang Umi tangkap dari materi yang disampaikan oleh Ricky.

Ok langsung saja ya.. ini step by step yang bisa dilakukan:

  1. Download dulu aplikasi Chrome jarak jauh, lalu instal pada laptop
  2. Kemudian ikuti step berikut ya guys 🙂cr1
  3. Nah untuk menggunakan Remote controlnya,bisa menggunakan smartphone kalian guys. yang intinya kalian juga harus menginstal ini di smartphone. Enggak semua smartphone bisa digunakan buat instal aplikasi iniya, hanya di beberapa smartphone khusus yang memang memiliki kapasitas yang sesuai saja. untuk lebih jelasnya kalian bisa baca sendiri di sini. Cara Remote PC Menggunakan Menggunakan Android Dengan Google Chrome.

Aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi Team Viewer jika kalian mungkin pernah mencoba. Menurut aku sih sama aja ya baik Team Viewer maupun Remote Dekstop ini, mereka hanya bisa dijalankan saat keduanya dalam keadaan on atau menyala.

Ok Guys… sekian dulu review materi perkuliahan SIM kita. Dan lanjut lagi buat materi yang baru lagi. See You… 🙂

“Jangan pernah iri dan mengeluhkan kebahagiaan yang dimiliki orang lain jika kamu tidak bisa melakukan hal hebat seperti yang dia lakukan”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s