PENGENALAN XAMPP

Posted on Updated on

Senin, 31 Oktober 2016

Do you know Xampp?

xamppXAMPP ialah perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan campuran dari beberapa program. Yang mempunyai fungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri dari program MySQL database, Apache HTTP Server, dan penerjemah ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan Perl. Dengan kata lain XAMPP adalah software aplikasi pengembang yang digunakan untuk pengembangan website berbasis PHP dan juga sebagai server untuk local dalam pembuatan database dengan MySql.

Adapun nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia di bawah GNU General Public License dan bebas, adalah mudah untuk menggunakan web server yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Berikut penjelasan secara terperinci :

  • Apache, berperan dalam menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web.
    Apache adalah web server yang akan menampilkan website di internet dengan menggunakan browser Mozilla Firefox, Google Chrome, IE, Safari dan lain – lain. Apache akan menampilkan website berdasarkan kode – koed yang ditulis di dalam bentuk  PHP atau pun HTML serta memanfaatkan MySQL sebagai server dari suatu database.
    Apache sendiri bersifat opensource sehingga dapat dikembangkan oleh siapa saja.
  • MySQL, merupakan aplikasi database server. Pengembangannya menggunakan bahasa SQL (Structure Query Language) yang merupakan bahasa terstruktur yang digunakan dalam pengolahan database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database seperti menambah, mengubah, menghapus data di dalam database.
    MySql merupakan DBMS(Database Management System) atau sistem manajemen database yang bersifat At Relational yang artinya data – data yang dikelola dalam database diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga dapat dimanipulasi secara lebih cepat.
  • PHP adalah bahasa pemrograman web yang memungkinkan menciptakan web yang dinamis. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. Berbeda dengan HTML yang sourcode-nya langsung ditampilkan di website yang dibangun, di dalam PHP sourcode tidak bisa ditampilkan di halaman muka suatu website karena PHP diolah dan diproses di server. Sistem Manajemen Database yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL, namun PHP juga mendukung Microsoft Access, Oracle, d-base, PostgresSQL, dan sebagainya.
  • Perl adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaikan persoalan – persoalan umum. Perl pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall di mesin Unix.
    Perl sangat populer digunakan dalam program CGI (Common Gateway Interface) dan protocol internet lainnya.

XAMPP memiliki kelebihan untuk bisa berperan sebagai server web Apache dalam melakukan simulasi pengembangan web. Tool pengembangan web ini mendukung teknologi web populer seperti PHP, MySql dan Perl. Melalui XAMPP ini para web developer dapat menguji aplikasi web yang dikembangkan dan mempresentasikan secara langsung kepada orang lain tentang web yang dibangun pada komputer tanpa memerlukan koneksi internet, istilahnya membuka web secara offlline. XAMPP juga berperan sebagai localhost, yaitu server yang dapat digunakan sebagai hosting website, sehingga dapat digunakan dalam mengembangkan aplikasi web berbasis database juga. Software XAMPP ini banyak digunakan oleh kalangan pemrograman web, di mana para pembuat web ini dapat membangun web tanpa bantuan koneksi internet.

Jika ingin menjalankan program Xampp, maka harus menginstal dulu aplikasi ini. Kemudian bisa dijalankan pada masing-masing laptop atau komputer dalam keadaan offline, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel XAMPP, kemudian klik Apache dan MySQL untuk mengaktifkan web server dan DBMS agar dapat membuat website dengan PHP dan membuat database.
    xampp-1
  2. Pada browser, tepat di addres bar ketikkan “localhost”, maka XAMPP siap digunakan.
  3. Klik phpMyAdmin untuk memulai membuat database.
    xampp-2

Sekian resume buat perkuliahan hari ini,
“don’t believe with lucky, but believe with hardwork” 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s