MENDELEY DEKSTOP

Posted on Updated on

men

Senin, 05 Desember 2016

Well…

Lovember udah jadi kenangan nih,, and welcome to December guys :- )

Ok guys, review mata kuliah ini adalah review terakhir dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Karena ini adalah pertemuan kelas yang terakhir :-). Seneng-seneng-sedih sih sebenarnya hhhaha. Ssstttt….

Sub materi yang dibahas minggu ini adalah mengenai “Mendeley Dekstop”. Ada yang sudah pernah mencoba menggunakan aplikasi Mendeley Desktop mungkin??. Kalau Umi sih jujur aja baru tau hari ini πŸ˜€ hehehe gaptek banget deh rasanya.

Ok…

Medeley Dekstop ini merupakan salah satu perangkat lunak manajemen referensi berbasis open source yang dapat diperoleh secara gratis dan mendukung berbagai platform seperti Microsoft Windows, Apple MacOS, maupun Linux. Versi terbaru dari Mendeley bahkan sudah mendukung sistem operasi Android, sehingga perangkat ini dapat digunakan pada ponsel. Mendeley merupakan kombinasi dari aplikasi desktop dan situs web yang dapat digunakan untuk mengelola, berbagi, dan mencari referensi maupun kontak. Berikut fitur utama dari Mendeley Desktop(Mendeley support team, n.d.):

  • Ekstraksi detil dokumen (judul, penulis, nama jurnal, dll.) dari paper ke dalam database referensi. Fungsi ini sangat memudahkan user dalam memasukkan detil dokumen karena hal tersebut dapat dilakukan tanpa melakukan entri secara manual. Semakin banyak pengguna menggunakan Mendeley, maka kualitas ekstraksi yang diperoleh akan semakin baik.
  • Pengelolaan referensi yang efisien dengan menyediakan β€œlive” full-text search terhadap seluruh paper dalam database. Proses pencarian yang sangat efisien sehingga hasil pencarian tersedia sesaat setelah pengguna selesai memasukkan kata kunci. Mendeley desktop juga menyediakan fungsi untuk melakukan filter database berdasarkan penulis, jurnal, maupun kata kunci. Koleksi dokumen dapat juga diberi catatan berupa notes atau tag untuk memudahkan pengorganisasian berdasarkan domain pengetahuan. Informasi detil dari dokumen juga dapat diekspor ke berbagai citation styles.
  • Berbagi pakai sebagian atau semua dokumen pada database dengan pengguna lain serta sinkronisasi pustaka referensi dengan data yang tersimpan di server web Mendeley. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam sebuah riset maupun penulisan karya ilmiah yang dilakukan oleh sebuah tim, pustaka referensi dari seorang anggota tim akan selalu sinkron dengan anggota-anggota tim lainnya.

Fungsi lain, seperti perangkat lunak plug-in Microsoft Word yang memungkinkan penulisan sitasi maupun daftar pustaka secara otomatis berdasarkan database Mendeley. Fungsi OCR (Optical Character Recognition) yang memungkinkan ektraksi detil dokumen secara otomatis terhadap paper hasil scan. Karena Mendeley merupakan perangkat lunak barbasis open source maka perkembangan dari perangkat ini sangat pesat, fungsi-fungsi lain senantiasa ditambahkan oleh anggota komunitas yang turut berperan aktif dalam meningkatkan kemampuan dari Mendeley.

Aplikasi Mendeley ini sangat membantu bagi seorang mahasiswa yang sedang disibukkan dengan tugas kuliah seperti pembuatan makalah, jurnal ilmiah, tugas akhir, skripsi, tesis dan yang lainnya.

Pada pertemuan kemarin terspesifik menjelaskan fungsi Mendeley Dekstop dalam pembuatan tugas akhir. Jika kita masih menemukan kebingungan dalam menyisipkan kutipan atau penulisan daftar rujukan, Mendeley ini bisa dijadikan solusi terbaik. Yang perlu dilakukan hanyalah mencari referensi terlebih dahulu mengenai tugas akhir yang akan kita kerjakan. Kita bisa mencarinya dari berbagai referensi seperti: google scholar, eelvisier, golibgen.org dan lain-lain.

Setelah kita mendapatkan referensi atau jurnal-jurnal pendukung tulisan kita, kita jadikan satu file kemudian kita import ke mendeley.

men-2 jangan lupa pada bagian “tools” pastikan semua dokumen sudah terhubung dengan Ms.Word. Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat catatan kaki dan daftar rujukan.

Nah.. gampangkan guys teorinya πŸ™‚

Ok lanjut lagi… kalau kalian ingin membuat kutipan, langsung aja buka tugas akhir kalian kemudian letakkan kursor dimana kalian akan memberikan kutipan. dan ikuti langkah pada gambar berikut ini :

menn
Jika ingin membuat daftar rujukan maka yang kita klik adalah bagian “Insert Bibliografi”.

Done… semoga bermanfaat guys πŸ™‚

“Jangan lupa, 2.5% dari rizki kita hari ini adalah milik mereka yang membutuhkan. Sisihkan dan jangan kau umpatkan. Karena berbagi itu indah”. See you on top

Advertisements

2 thoughts on “MENDELEY DEKSTOP

    jejakandi said:
    12 December 2016 at 6:05 am

    Jujur aja baru tahu sekarang, jadi Mendeley ini plug in, semacam review dan citation itu ya?
    Pas jaman kuliah dan TA dulu, citation langsung pakai fitur di MSWord sih jadi gak kepikiran nyari software seperti ini, apalagi sudah jaman latex semua citation udah masuk bibble text.
    Tapi sepemahaman saya abis baca poatingan ini, kerennya mendeley ini kita bisa mengakses sumber yang dibagikan, tapi kalau usernya belum banyak apa ya sumber yang tersedia sudah cukup atau bahkan lengkap?

    Nice info, mbak πŸ™‚

    Like

      Umi Mahmudah responded:
      12 December 2016 at 7:47 am

      Iya sepemahaman saya kemarin seperti itu. Pertama ya kita harus banyak referensi jurnal” yang mau dipaki buat ngerjain TA atau semacamnya. πŸ˜‚
      Thanks sudah mampir ke website umi

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s