Genggam Tanganku Agar Aku Tahu Kamulah Sahabatku Disini

Posted on Updated on

ww1

Masih tentang hujan,

Satu hal yang selalu mengingatkanku pada ribuan kisah bersama mereka. Sahabat, teman dekat, teman sepermainan, keluarga, sekolah, keramaian, kesedihan, tentang kamu teman dekat masa lalu, dan tentang kamu yang akan menjadi masa depanku yang masih menjadi rahasia saat ini. Hujan mungkin mendatangkan kisah yang menyedihkan bagi mereka yang memiliki rencana bepergian. Tapi tidak denganku.

Aku suka hujan,

Hujan adalah tempatku meluapkan segala gundah dan kegalauan hati. Aku bisa menangis bersamanya dengan damai tanpa memikirkan gengsi dan perkataan orang lain. Aku merasa bebas saat bercerita pada hujan. Tidak semua memang aku ceritakan pada sahabat atau keluarga, ku pilah-pilah mana yang memang pantas untuk ku bagi dalam suka maupun duka.

Ada saat dimana aku tidak ingin terlihat lemah dimata mereka. Aku selalu yakin pasti bisa melewati masa-masa sulit ini. Saat semua beban dipundak semakin menumpuk, aku selalu menanti datangnya hujan untuk tempatku mengadu pada Sang Pencipta langit.

Tapi Tuhan begitu baik padaku,

Dia tau aku makhluknya yang lemah, sehingga Ia hadirkan aku ditengah-tengah kalian yang baik dan mampu menjadikanku lebih kuat dari kemarin. Aku bahagia, walau kita berbeda kota kelahiran, berbeda pemikiran, tapi kita bisa hidup dalam kebersamaan. Bersama memperjuangkan masa depan, bersama melawan rasa lelah dan malas untuk meraih gelar sarjana pendidikan, dan bersam-sama bergandengan tangan untuk saling menguatkan dan memberi dukungan.

Aku tidak pernah merasa sendiri,

Karena ada kalian yang selalu menggandeng tanganku untuk selalu bergerak. Ada kalian yang selalu menepuk pundakku untuk tetap semangat dan jangan mudah menyerah.  Hingga pada akhirnya aku yakin dan sadar, jika sendiri di tanah rantau memang membutuhkan sahabat yang mau menggandeng tangan ini untuk keluar mengatasi masalah yang sama secara bersama-sama.

Hal yang selalu menjadi bullian kita saat berkumpul dan bercanda adalah tentang status.

Tidak pernah ku tanggapi serius celotehan itu. Kata “jomblo” dan “gagal move on” selalu saja menjadi topik hangat kita saat berkumpul. Bagi kami gagal move on tidak menjadi masalah, karena yang terpenting adalah kami tidak akan gagal menjadi sarjana (pembelaan 1). Kami jomblo sekarang bukan karena tidak ada yang mendekati, bukan karena kami takut patah hati untuk yang kesekian kali, hanya saja kami sedang menunggu ada yang menemui bapak untuk meminta izin menghalalkan kami (pembelaan 2).

Kami pernah patah hati, pernah sakit hati, disakiti hatinya dan selalu dikecewakan. Dan dari sini kami ditemukan untuk saling menguatkan dan saling memberi dukungan. Saling bergandengan tangan hingga kami berdiri memakai pakaian kebangsaan kami dan berhasil memindahkan tali toga dari kiri ke kanan. Bagi kami inilah perjuangan yang sebenarnya (pembelaan 3).

Masihkah diantara kalian merasa sendiri?

Jika iya, carilah sahabat dan bersahabatlah dengan mereka yang bisa menerimamu dari baiknya kamu dan dari apa adanya kamu. Bukan karena ada apanya pada dirimu. Karena sejatinya sahabat tidak mengenal batas, status, harta dan tahta.

 

“Selemah-lemahnya manusia adalah orang yang tidak mau mencari sahabat. Dan orang yang lebih lemah dari itu adalah orang yang telah mensia-siakan sahabat yang sedang dicari

(Ali bin Abi Tholib)

4 thoughts on “Genggam Tanganku Agar Aku Tahu Kamulah Sahabatku Disini

    yasrifahmad said:
    19 December 2016 at 1:02 am

    Heheheh nulis juga ahirnya

    Like

      Umi Mahmudah responded:
      19 December 2016 at 4:39 am

      Ini udah ada, tapi ng mau nge-post ini kog mles nya😂

      Like

        yasrifahmad said:
        19 December 2016 at 7:13 am

        Bs bgitu mlsny knp

        Like

        Umi Mahmudah responded:
        19 December 2016 at 7:19 am

        Gak sempat af hehe,

        Like

Leave a Reply

